Ayo jadi Kreator Game (Basic Studio)


Sumber : Hotgame edisi 36 / Minggu ke-4 Maret 2001

Yang punya ide game, suka menggambar, pengen membuat animasi, suka ciptain lagu, pengen buat karakter super hero sendiri, pengen ngerasain jadi programmer game…impianmu bisa langsung diwujudkan dengan tool Basic Studio, game inovatif yang dikeluarkan Artdink.

BASIC adalah bahasa pemrograman yang sederhana. Basic Studio adalah game yang mengadaptasi program BASIC sehingga bisa dioperasikan di konsol PS2, ditambah program khusus untuk membuat grafik, sound, dan model 3D. Jadilah game untuk membuat game, menarik dan mudah digunakan. Game bergenre apapun, Action sampai RPG, bisa dibuat disini.

Tahap pembuatan game dengan Basic Studio :

  • Menggambar
    Membuat gambar seperti latar belakang dengan paint tool “Image Sketch”
  • Menciptakan karakter
    Membuat karakter 3D dengan modelling tool, “Poly Craft”
  • Membuat Lagu BGM
    Sound tool yang selaras dengan BGM, “Sound Note”

Semua tahapan tersebut digabung dan dikontrol dengan program Basic, kemudian mainkan game ciptaanmu.

Basic Studio sebetulnya sudah dirancang supaya bisa dimainkan orang yang masih pemula soal program BASIC. Tapi buat yang masih ragu, ada buku petunjukknya yang mengajarkan dasar-dasar sampai aplikasi BASIC. Format buku tersebut KOMIK! Bacanya jadi lebih asyik dan mudah dimengerti. Sayangnya komik ini masih berbahasa Jepang.

Bisa di print dan online

Ini memang bakal menjadi ciri kebanggaan game PS2 di masa yang akan datang. Gambar ciptaanmu bisa dibuat poster, kartu pos, dll. Kamu juga bisa ngerjain game ini dengan gamer dari belahan lain dunia kalau punya sambungan internet dan HDD PS2. Kalau punya USB keyboard, kamu juga bisa mengganti controller PS2 dengan keyboard atau mouse.

Keyboard + Joystick

Popegg. Printer Khusus PS2

PS2 + HDD eksternal

Cara mainnya gimana?

Game yang sudah lengkap, bisa dioperasikan dengan disc “B-Shell”. Disc tambahan ini sudah termasuk paket pembelian Basic Studio. Dengan B-Shell saja, tanpa menggunakan disc utama, gamer bisa mainin game apa saya yang dibuat Basic Studio. Jadi, pemain bisa saling nyobain game buatan teman lainnya.

4 Tool keren pada Basic Studio

  1. IMAGE-SKETCH
    Image-Sketch merupakan graphical tool untuk membuat grafik dalam game. Dilengkapi berbagai kemampuan untuk menggambar macam-macam garis, titik, warna, zooming ukuran. Penampilan di layar seperti komputer untuk orang pro, gampang digunakan.
    Image-Sketch digunakan untuk menggambar latar belakang, karakter, item, sampai membuat tekstur yang akan menjadi kulit bangunan 3D. Hasil kerja walau belum jadi bisa di simpan.
    Saat menggambar karakter, layar bisa di bagi 2. Bisa digambar sampai detail (zooming).
  2. POLY-CRAFT
    Tool ini merupakan alat untuk membuat model polygon secara instan. Polygon adalah bentuk bersegi tiga atau lebih yang digabungkan untuk membentuk sebuah model 3D. Dengan menggunakan alat ini, kamu bisa membangun model 3D dari bentuk mesin sampai bentuk mahluk hidup dengan mudah.
  3. SCORE-NOTE
    Tool ini digunakan untuk membuat BGM maupun Sound Effect. Asalkan bisa baca not balok, kamu bisa memasukkan musik favorit atau karya aslimu. Volume, warna suara, dan semua detail bisa diatur. Pilih point-point di layar, coba dengarkan bedanya. Orang yang tidak mengerti penulisan musik pun pasti senang mencoba alat ini.
  4. EZ-BASIC
    Merupakan program pengatur, fungsinya menggerakkan semua objek yang sudah dibuat dengan ketiga alat lain sesuai dengan aturan yang kamu buat sendiri. Misalnya tank sampai pintu, akan muncul tembakan dan suaranya. Juga digunakan untuk menterjemahkan perintah dari controller ke dalam permainan.

Orang yang merasa dirinya “parah” soal menggambar dan menyusun sound akan tertolong oleh sampe materi yang sudah disiapkan pada masing-masing tool. Jadi tinggal dipilih. Materi ini dibuat Artdink dengan serius, diambil dari game mereka sendiri yang sudah beredar.

PRAKTEK NYATA

Menggabungkan Image-Sketch dengan Poly-Craft.

Disini akan ditampilkan contoh cara pembuatan tank 3D yang realistis dengan cara menggambungkan 2D graphic tool image-sketch dengan 3D modelling tool Poly-Craft. Hasilnya bisa di save ke memory card PS2.

Tahap 1 – Membuat Model
Buat struktur bangunan tank dengan poly-craft. Buat sedikit demi sedikit dengan menggabungkan polygon.

Tahap 2 – Menggambar Tekstur
Tekstur permukaan tank ibarat kulit bagi manusia, dipilih dan dibuat pada image-sketch.

Tahap 3 – Tempelkan Tekstur ke Model

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s